Sabtu, 10 Maret 2012

FAKTOR PENYEBAB PERCERAIAN



Seperti yang kita tahu perceraian bukan hal baru lagi di masyarakat. Ini terbukti banyaknya kasus perceraian yang terjadi di masyarakat dengan berbagai penyebab.

Faktor - faktor penyebab perceraian :

  • Gagal berkomunikasi

 
 Ketidakcocokan akibat kegagalan berkomunikasi antara suami dan istri sering menjadi pemicu perceraian. Kurangnya komunikasi membuat kurangnya rasa saling mengerti dan membuat sering terjadinya pertengkaran. Hal ini akan berujung pada perceraian jika kedua pihak tidak mau atau gagal berkomunikasi.




  • Ketidaksetiaan


Penyebab perceraian lainnya adalah salah satu pasangan berselingkuh. Pasangan yang disakiti tidak dapat memaafkan dan memilih bercerai. Atau sebaliknya, pasangan yang berselingkuh memilih bercerai demi pacar barunya.




  • Kekerasan dalam rumah tangga


Perceraian karena kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) juga menjadi salah satu penyebab utama perceraian. Banyak pasangan memilih menyelamatkan kehidupannya dengan bercerai karena sering mendapat aniaya baik secara fisik maupun verbal.


 
  • Masalah ekonomi


Ada juga perceraian karena masalah ekonomi. Menganggap pasangan tidak mampu memenuhi kebutuhan materi keluarga, sehingga meninggalkan pasangannya dengan bercerai.



  • Pernikahan dini


Menikah belum cukup umur membuat pasangan muda tersebut belum siap menghadapi berbagai kesulitan dalam kehidupan perkawinan. Sehingga seringkali keputusan yang dibuat adalah bercerai saat menghadapi banyak tekanan hidup.



  • Perubahan budaya


Dulu perceraian adalah sesuatu yang tabu. Sekarang telah menjadi tren dan gaya hidup banyak pasangan.











Seperti yan tertulis di atas bahwa perubahan budaya membuat perceraian kian marak dan seringkali perceraian menjadi tren di masa kini. Seperti contohnya para artis yang menjadikan perceraian sebagai gaya hidup.
Bahkan beberapa artis Kristen maupun non Kristen juga melakukannya, seperti Glenn fredly dengan dewi Sandra yang bertahan selama satu tahun dan Desy Ratnasari yang  sudah dua kali mengalami perceraian. Namun pernikahannya yang tersingkat adalah dengan mantan suami pertamanya, Trenady Pramudya yang hanya bertahan 1 tahun dan masih banyak contoh yang lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar